Senin, 28 November 2022
Advertisment
BerandaLiputanOlah RagaAkibat Kelelahan Hebat, Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Akibat Kelelahan Hebat, Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menyerah dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di babak final BWF World Tour Finals 2021 di Bali, Minggu (5/12/2021), karena mengalami kelelahan hebat pada turnamen ini.

Kelelahan itu membuat mereka tidak bisa bermain dengan baik melawan pasangan dari Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

“Kami jujur, ya, sangat lelah, badan terasa sakit semua. Ya tapi mau bagaimana lagi, kami hanya terus berjuang sampai akhir,” kata Marcus saat ditemui Antara setelah pertandingan di Nusa Dua, Bali.

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Tercatat Kevin/Marcus sudah menjalani delapan pertandingan berturut-turut, yaitu Piala Sudirman, Piala Thomas, Denmark Open, French Open dan Hylo Open Jerman di Eropa.

Lalu berlanjut di Indonesia Masters, Indonesia Open, dan terakhir di BWF World Tour Finals 2021 yang masuk dalam agenda Indonesia Badminton Festival (IBF).

Dari kedelapan turnamen itu, Minions sudah memainkan enam babak final, yang untuk mencapainya sangat menguras tenaga.

“Pasti kami sangat bersyukur bisa bermain di enam babak final, tiga di antaranya di sini (Indonesia). Buat kami ini sudah lebih dari cukup dan sangat bersyukur dengan pencapaian ini,” ungkap Kevin.

Minions menghabiskan rubber game di babak final turnamen penutup akhir tahun ini. Pasangan peringkat keenam itu sukses menundukkan Minions dengan skor 21-16, 13-21, 21-17 dalam persaingan selama 61 menit.

Pada gim penentu, Kevin/Marcus sempat mencuri keunggulan dengan skor 15-14 di menit ke-56 setelah sebelumnya tertinggal 0-6.

Namun, kondisi menggembirakan tak berlangsung lama bagi Kevin/Marcus. Akibat error pengembalian, Hoki/Kobayashi mencuri kesempatan untuk membalikkan keadaan menjadi 16-17.

Wakil Jepang ini terus menjaga konsistensi serangan smes dan dropshot serta drive rapat. Pertandingan pun berakhir dengan skor 21-17 dengan kemenangan bagi Hoki/Kobayashi.

“Pertandingan tadi berlangsung sangat ketat dan kami mengakui mereka main bagus hari ini. Kami tetap bersyukur bisa bermain dengan baik,” pungkas Marcus.

Ganda putra asal Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi keluar sebagai juara turnamen akhir tahun BWF World Tour Finals 2021 setelah mengalahkan wakil Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pada babak final yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Minggu (5/12/2021).

Ganda putra peringkat satu andalan Indonesia ini dikalahkan dalam laga rubber game 16-21, 21-13, 17-21 setelah berjuang selama 61 menit.

Kevin/Marcus dan Hoki/Kobayashi langsung terlibat persaingan ketat dan kejar mengejar skor pun terjadi. Untuk sementara, Marcus/Kevin unggul dengan skor 11-6 sebelum akhirnya disaingi lawannya yang membalikkan keunggulan setelah bermain lebih sabar.

Titik balik terjadi di skor 15-13, di mana Hoki/Kobayashi mampu mengejar dengan dropshot andalan mereka hingga skor pun berbalik tertinggal bagi Minions menjadi 15-17.

Hoki/Kobayashi terus melenggang meninggalkan skor Kevin/Marcus, dan gim pun usai dengan keunggulan bagi Jepang lewat skor 16-21.

Masuk gim kedua, permainan Hoki/Kobayashi mengalami perubahan dan tekanan yang mereka lancarkan berkurang. Kondisi ini memberi ruang bagi Kevin/Marcus untuk menyerang dan menambah keunggulan poin 11-6.

Tingkatkan Performa

Keunggulan terus dipertahankan pasangan peringkat satu dunia ini tidak hanya dengan pertahanan yang rapi, Minions juga beberapa kali memainkan teknik-teknik pukulan memukau namun mematikan. Di menit ke-38, Minions mengunci keunggulan 21-13 dan memaksa dimainkannya gim penentuan.

Setelah bermain lambat di gim kedua, Hoki/Kobayashi kembali meningkatkan performa mereka yang berujung keberhasilan mengunci keunggulan 6-0 atas Kevin/Marcus.

Kerja keras Kevin/Marcus untuk mengejar ketertinggalan menemukan titik terang saat mereka memperkecil selisih skor menjadi 8-10 dari ganda putra peringkat keempat itu.

Perjuangan masih berlanjut saat Minions membalikkan keadaan dengan skor 15-14 di menit ke-56 setelah mengumpulkan poin demi poin.

Namun kondisi menggembirakan tak berlangsung lama bagi Kevin/Marcus. Akibat eror pengembalian, membuat Hoki/Kobayashi mencuri kesempatan untuk membalikkan keadaan menjadi 16-17.

Wakil Jepang ini terus menjaga konsistensi serangan smes dan dropshot serta drive rapat. Pertandingan pun berakhir dengan skor 21-17, menambah catatan gelar kedua bagi Hoki/Kobayashi dalam tiga pertemuan babak final dengan Minions secara berturut-turut dalam ajang Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021.

https://www.solopos.com/kelelahan-hebat-minions-diklaim-penyebab-gagal-juara-1210088?utm_source=terkini_desktop

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru